Dunia perkuliahan

Dunia perkuliahan

Universitas, perguruan tinggi, dan sejenisnya merupakan jenjang pendidikan lanjutan dari sekolah menengah atas,ataupun sekolah menengah kejuruan. Memasuki dunia perkuliahan tentu memiliki beberapa perbedaan. diantaranya, dalam dunia perkuliahan yang membedakan dengan sekolah menengah atas atau sekolah menengah kejuruan adalah dalam cara berpakaian. Dalam dunia pekuliahan kita tidak diwajibkan memakai seragam sekolah atau diperbolehkan berpakaian bebas namun tetap dalam aturan yang sudah di tentukan, dengan batasan menggunakan pakaian yang sopan dan semestinya.

Lalu dalam sistem pengajaran juga berbeda, sistem pengajaran dijenjang ini kita diwajibkan untuk mengembangkan pemikiran-pemikiran kita yang bersifat teoritis,praktik,dan ilmiah. Karena dalam jenjang ini kita diwajibkan untuk mematangkan atau menyempurnakan pola pikir kita yang sudah terbentuk dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. Dengan artian kita mampu atau lebih memahami tiap-tiap disiplin ilmu yang kita pelajari.

Dalam sistem penilaian juga ada perbedaan, jika di jenjang SMA atau SMK kita mengenal KKM dari setiap mata pelajaran, namu dalam dunia perkuliahan kita tidak lagi memakai KKM sebagai setandar dasar penilaian. Dalam jenjang ini nilai dari setiap mata kuliah akan diakumulasi dang hasil itulah yang disebut IPK. Nah jika dalam jenjang SMA atau SMA mendapatkan nilai dibawah 6 itu adalah nilai yang buruk, namun dalam dunia perkuliahan mendapat nilai 3,6 saja itu sudah alhamdulillah luarbiasa.

Lalu jika sudah sampai tahap semester akhir, kita akan dihadapkan untuk membuat sekripsi atau karya ilmiah. Ini adalah tahap dimana ketekunan,keseriusan, dan ilmu yang kita pelajarin dipergunakan dengan sekuat tenaga dan pikiran. Karena menyusun sekripsi adalah salah satu syarat seorang mahasiswa/i mendalatkan gelar yang diinginkannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hobi

Kamarku istanaku